Perbedaan
- Musik Barat
- menggunakan sistem nada matematis/metris
- nada nadanya dengan frekuensi yang tetap dalam 7 nada ( diatonis )
- nadanya dengan jarak yang sama/tangga nada kromatis
- menggunakan sistem nada amatematis/nonmetris
- nada nadanya dengan frekuensi yang tidak tetap dalam 5 nada ( pentatonis )
- nadanya dengan jarak yang tidak sama
1. Yunani Kuno ( 675 SM-awal masehi )
Fungsi musik bagi bangsa yunani :
- Pengiring upacara religius
- Pengiring upacara kerajaan
- Pengiring drama, tari, athletic dan hiburan
- Pengiring prrang
2. Abad Pertengahan
Setelah runtuhnya Kekaisaran Romawi di abad ke-5 Masehi, Eropa Barat memasuki waktu yang dikenal sebagai "The Dark Ages" - masa ketika menyerbu gerombolan Vandal, Hun, dan Visigoth menyerbu Eropa. Tahun-tahun ini ditandai dengan perang yang konstan, tidak adanya Kaisar Romawi Suci, dan menghilangnya virtual kehidupan perkotaan. Selama sembilan abad berikutnya berikutnya, orang Kristen yang baru muncul Gereja mendominasi Eropa, menjalankan keadilan, menghasut "Kudus" Perang Salib terhadap Timur, mendirikan Perguruan Tinggi, dan umumnya mendikte nasib musik, seni, dan sastra.Ia selama ini waktu itu Paus Gregorius I umumnya diyakini telah dikumpulkan dan dikodifikasi musik yang dikenal sebagai Gregorian Chant , yang merupakan musik disetujui Gereja.Lama kemudian, Universitas di Notre Dame di Paris melihat penciptaan dari jenis musik baru yang disebut Organum . Sekuler musik dilakukan di seluruh Eropa oleh trobador dan trouvères Perancis. Dan itu selama "abad pertengahan" bahwa budaya Barat melihat penampilan nama besar pertama dalam musik, Guillaume de Machaut .
3. Masa Renaisans
Umumnya dianggap dari ca.1420 hingga 1600, Renaisans (yang secara harfiah berarti "kelahiran kembali") adalah waktu yang besar kebangkitan budaya dan berbunga seni, surat, dan ilmu seluruh Eropa.Dengan munculnya humanisme, musik suci mulai untuk pertama kalinya untuk membebaskan diri dari batas-batas Gereja, dan sekolah komposer dilatih di Belanda menguasai seni polifoni dalam pengaturan musik mereka suci. Tradisi-tradisi polifonik mencapai titik puncaknya dalam karya-karya yang tak tertandingi Giovanni da Palestrina .
Tentu saja, musik sekuler berkembang selama periode ini, dan instrumental dan musik tari dilakukan dalam kelimpahan, jika tidak selalu tertulis. Hal yang tersisa untuk orang lain untuk mengumpulkan dan notate berbagai macam musik instrumental tak tertahankan periode. Renaissance akhir juga melihat di Inggris yang berkembang dari sajak pendek tentang cinta bahasa Inggris , yang paling terkenal yang disusun oleh master seperti John Dowland, William Byrd, Thomas Morley dan lain-lain.
4. Barok dan Rokoko
Dinamakan setelah arsitektur gaya berornamen populer saat itu, periode Baroque (ca.1600 untuk 1750) melihat komposer mulai memberontak terhadap gaya yang lazim selama High Renaissance. Ini adalah masa ketika banyak monarki Eropa bersaing di outdoing satu sama lain dalam kebanggaan, kemegahan dan arak-arakan. Banyak raja dipekerjakan komposer di pengadilan mereka, di mana mereka tidak lebih dari hamba diharapkan untuk churn out music untuk setiap kesempatan yang diinginkan. Komposer terbesar periode, Johann Sebastian Bach , adalah seperti seorang hamba.Namun komposer terbaik waktu mampu memecahkan tanah musik baru, dan dengan demikian berhasil menciptakan gaya yang sama sekali baru musik.
Ia selama bagian awal abad ketujuh belas yang genre opera pertama kali diciptakan oleh sekelompok komposer di Florence, Italia, dan opera karya paling awal adalah disusun oleh Claudio Monteverdi . The concerto instrumental menjadi pokok dari era Baroque, dan menemukan terkuat eksponen dalam karya Venesia komposer Antonio Vivaldi . musik piano mencapai ketinggian baru, karena karya-karya master seperti Domenico Scarlatti dan lain-lain. Tarian menjadi diformalkan ke dalam suite instrumental dan disusun oleh hampir semua komponis zaman. Tapi dan musik paduan suara vokal masih memerintah tertinggi selama usia ini, dan memuncak dalam opera dan oratorios dari komposer kelahiran Jerman George Frideric Handel .
5. Musik Klasik
Dari sekitar 1750-1820, seniman, architechts, dan musisi menjauh dari dihiasi gaya berat dari Baroque dan Rococo , dan sebagai gantinya menganut rapi, gaya bersih mereka berpikir mengingatkan Klasik Yunani. The aristokrasi yang baru dibentuk adalah mengganti penguasa dan gereja sebagai patron seni, dan menuntut musik impersonal, namun merdu dan elegan. Tarian seperti minuet dan gavotte itu diberikan dalam bentuk serenades menghibur dan divertimenti.
Pada saat ini ibukota Austria Wina menjadi pusat musik di Eropa, dan karya-karya periode yang sering disebut sebagai dalam gaya Wina. Komponis datang dari seluruh Eropa untuk melatih di dan sekitar Wina, dan secara bertahap mereka mengembangkan dan diformalkan bentuk standar musik yang mendominasi budaya musik Eropa untuk beberapa dekade berikutnya. Sebuah reformasi pemborosan opera Baroque dilakukan oleh Christoph von Gluck . Johann Stamitz memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan orkestra dan mengembangkan gagasan dari orkestra simfoni .Periode Klasik mencapai puncaknya megah dengan simfoni ahli, sonata, dan kuartet gesek oleh tiga komponis besar sekolah Wina: Franz Joseph Haydn , Wolfgang Amadeus Mozart , dan Ludwig van Beethoven . Selama periode yang sama, suara pertama dari etika Romantic musik yang sedang berkembang dapat ditemukan pada musik Wina komposer Franz Schubert .
6. Masa Romantis
Sebagai revolusi sosial-politik banyak-akhir abad kedelapan belas perintah mendirikan sosial baru dan cara baru kehidupan dan pemikiran, sehingga komponis periode memecahkan tanah musik baru dengan menambahkan kedalaman emosional baru dengan bentuk klasik yang berlaku. Sisa dari kesembilan belas (abad ke-dari. 1820 ca ke 1900), seniman dari semua jenis menjadi niat dalam mengekspresikan mereka, subyektif pribadi. emosi Sepanjang "Romantisisme" mendapatkan namanya dari romances dari abad pertengahan - puisi-puisi panjang menceritakan kisah-kisah pahlawan dan ksatria, tanah jauh dan jauh tempat, dan seringkali cinta tak terjangkau. Para seniman romantis adalah yang pertama dalam sejarah untuk diberikan kepada diri mereka nama dengan yang mereka diidentifikasi.
Komposer Romantic awal semua lahir dalam beberapa tahun satu sama lain dalam tahun-tahun awal abad kesembilan belas. Ini termasuk empu Jerman besar Felix Mendelssohn dan Robert Schumann , penyair Polandia dari piano Frédéric Chopin , jenius Perancis Hector Berlioz , dan pemain sandiwara pianistic terbesar dalam sejarah, komposer Hungaria Franz Liszt .
Selama awal abad kesembilan belas, opera komposer seperti Carl Maria von Weber berpaling ke cerita rakyat Jerman untuk cerita dari opera mereka, sedangkan Italia melihat ke literatur waktu dan menciptakan apa yang dikenal sebagai Bel canto opera (harfiah "nyanyian indah "). Kemudian pada abad ini, bidang opera Italia didominasi oleh Giuseppe Verdi , sedangkan opera Jerman hampir dimonopoli oleh Richard Wagner .
Selama abad kesembilan belas, komposer dari negara-negara non-Jermanik mulai mencari cara-cara di mana mereka bisa mengekspresikan jiwa musik tanah air mereka. Banyak dari komposer Nasionalis berpaling kepada sejarah adat dan legenda sebagai plot untuk opera, dan dengan melodi rakyat yang populer dan irama tari dari daerah asal mereka sebagai inspirasi bagi simfoni dan musik instrumental. Lain mengembangkan bahasa yang harmonis sangat pribadi dan gaya melodi yang membedakan musik mereka dari tradisi Austro-Jerman.
Modifikasi lanjutan dan peningkatan instrumen yang ada, ditambah dengan penemuan yang baru, menyebabkan perluasan lebih lanjut dari orkestra simfoni sepanjang abad. Mengambil keuntungan dari suara-suara baru dan kombinasi instrumental baru, komposer Romantic akhir dari paruh kedua abad kesembilan belas diciptakan kaya dan semakin besar simfoni, balet, dan concerto. Dua raksasa periode ini adalah kelahiran Jerman Johannes Brahms dan Rusia besar penyanyi Peter Ilyich Tchaikovsky .
7. Modern
Pada pergantian abad dan untuk beberapa dekade mendatang, seniman dari semua negara sedang mencari mode menarik dan berbeda ekspresi. Komposer seperti Arnold Schoenberg dieksplorasi dan ortodoks yang tidak biasa dan skema harmoni tonal. Prancis komposer Claude Debussy terpesona oleh musik Timur dan nada skala keseluruhan, dan menciptakan gaya musik bernama setelah gerakan dalam lukisan Perancis disebut Impresionisme. Hungaria komposer Béla Bartók berlanjut di tradisi gerakan yang kuat Nasionalis masih dan melebur musik petani Hungaria dengan bentuk abad kedua puluh. Avant-garde komposer seperti Edgard Varese menjelajahi manipulasi ritme daripada melodi biasanya / skema harmonis. The-dan-benar genre mencoba simfoni, meskipun agak dimodifikasi pada saat ini, menarik master seperti Gustav Mahler dan Dmitri Shostakovich , sementara Igor Stravinsky memberikan kendali penuh kepada manipulasi nya irama kaleidoskopik dan warna instrumental seluruh sangat panjang dan beragam karirnya .
Sementara banyak komponis sepanjang abad kedua puluh bereksperimen dengan cara baru dengan alat tradisional (seperti piano disiapkan digunakan oleh komposer Amerika John Cage ), banyak keduapuluh abad ke-terbesar komponis, seperti komponis Italia opera Giacomo Puccini dan Rusia pianis / komposer Sergei Rachmaninoff , tetap setia pada bentuk tradisional sejarah musik. Selain gaya baru dan beragam tren musik, abad kedua puluh menawarkan berbagai komposer yang harmonis dan melodi gaya pendengar yang rata-rata masih dapat dengan mudah menghargai dan menikmati.
thAnk'yA...
BalasHapusThanks banget!
BalasHapus